ALDA, NURHAKIMAH (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DISERTAI TEKA-TEKI SILANG (TTS) PADA MATERI TEORI KINETIK GAS DAN HUKUM TERMODINAMIKA DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
|
Text (cover, persetjuan pembimbing,abstrak)
3 SERANGKAII.pdf - Published Version Download (115kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
12. BAB I.pdf - Published Version Download (645kB) |
||
Text (BAB II)
13. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (877kB) |
||
|
Text (BAB III)
14. BAB III.pdf - Published Version Download (678kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
15. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
16. BAB V.pdf - Published Version Download (104kB) |
||
Text (BAB V)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (226kB) |
||
Text (FILE GABUNGAN)
file gabungan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Aldanur Hakimah, Nim 1314080547, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Disertai Teka-Teki Silang (TTS) Pada Materi Teori Kinetik Gas Dan Hukum Termodinamika Di Kelas XI Madrasah Aliyah, Skripsi : Tadris IPA-FISIKA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. 131 halaman. Mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak dan tidak mudah dihubungkan dengan kejadian sehari-hari. Peserta didik hanya menerima pengetahuan secara abstrak (hanya membayangkan) tanpa mengalami sendiri, sehingga peserta didik mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran fisika karena menganggap fisika itu identik dengan rumus dan sulit untuk dipahami. Bahan ajar yang digunakan masih minim dan belum sepenuhnya mencerminkan proses-proses pendekatan saintifik serta belum memuat game yang menyenangkan bagi peserta didik. Usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk membantu pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah dihasilkannya sebuah bahan ajar berbentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik disertai Teka-Teki Silang (TTS) pada materi teori kinetik gas dan hukum termodinamika di kelas XI MA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Uji validitas LKPD dilakukan oleh beberapa orang ahli. Uji praktikalitas terhadap LKPD dilihat dari lembar angket praktikalitas oleh 2 orang pendidik fisika dan 30 orang peserta didik kelas XI MAN 1 Padang. Uji efektifitas terhadap LKPD dengan melihat minat baca peserta didik kelas XI MAN 1 Padang menggunakan lembar angket efektifitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai TTS pada materi teori kinetik gas dan hukum termodinamika sangat valid dengan nilai rata-rata 88.70, dengan kategori: kelayakan isi 79.86, kelayakan konstruksi media 91.25, dan kelayakan bahasa 95. LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai TTS sangat praktis dengan kategori: nilai praktikalitas produk oleh 2 orang pendidik fisika 80.76 dan praktikalitas oleh 30 orang peserta didik 89.1. LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai TTS efektif dengan nilai efektifitas oleh 33 orang peserta didik diperoleh hasil 81.32. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai TTS pada materi teori kinetik gas dan hukum termodinamika sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Tadris IPA (Fisika) |
Date Deposited: | 25 May 2018 03:32 |
Last Modified: | 25 May 2018 03:33 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1002 |
Actions (login required)
View Item |