PERANAN GURU TAHFIZH DALAM MEMBIMBING ANAK MENGHAFAL AL-QUR'AN DI RUMAH TAHFIZH AHLUL QUR'AN KUBUDALAM PARAK KARAKAH KECAMATAN PADANG TIMUR

Lailatammardiyah Utami, Diah (2020) PERANAN GURU TAHFIZH DALAM MEMBIMBING ANAK MENGHAFAL AL-QUR'AN DI RUMAH TAHFIZH AHLUL QUR'AN KUBUDALAM PARAK KARAKAH KECAMATAN PADANG TIMUR. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img]
Preview
Text (cover, persetujuan pembimbing, abtrak)
Cover, Persetujuan Pembimbing, & Abstrak.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img] Text (gabungan)
Gabungan Keseluruhan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peranan Guru Tahfizh dalam Membimbing Anak Menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an Kubudalam Parak Karakah Kecamatan Padang Timur” disusun oleh Lailatammardiyah Utami, NIM 1514010037. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi ini dilatarbelakangi berkembang pesatnya pendidikan program tahfizh Qur’an di Sumatera Barat khususnya di kota Padang. Namun ditengah munculnya berbagai pondok tahfizh Al-Qur’an tersebut, Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an dapat berdiri sendiri dan dikelola secara profesional dengan program unggulan dan capaian prestasi yang cukup gemilang, sehingga tak sedikit yang ingin mengetahui bagaimana peranan dari para guru tahfizh dalam membimbing anak menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an ini. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan guru tahfizh dalam membimbing anak menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an dengan batasan masalah meliputi bentuk-bentuk program tahfizh di Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an, metode guru tahfizh dalam membimbing anak menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfiz Ahlul Qur’an dan kendala yang dihadapi guru tahfizh dalam membimbing anak menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk-bentuk program tahfizh di Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an, metode guru tahfizh dalam membimbing anak menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfiz Ahlul Qur’an dan kendala yang dihadapi guru tahfizh dalam membimbing anak menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melaui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah ketua dan para guru tahfizh di Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an, sedangkan data sekunder adalah dokumen dan data dari Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an dan BAZNAS Kota Padang. Hasil penelitian adalah (1) Program-program tahfizh unggulan di Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an ini di bagi menjadi tiga, yakni: 1) program tahfizh wajib (program tahfizh reguler), 2) program tahfizh khusus (program tahfizh private), 3) program tahfizh tambahan (mabid, sima’an, daurah, dan ziyadah). Program-program di Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an ini pelaksanannya berjalan lancar meskipun beberapa program masih perlu ditingkatkan sebab belum terlalu rampung secara sempurna. (2) Pelaksanaan kegiatan tahfizh Qur’an di Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an menggunakan metode tahfizh yang sesuai dengan kondisi usia dan kemampuan anak, namun metode yang dominan dipakai adalah metode talqin, metode tahfizh mandiri, dan metode imla’. (3) Faktor kendala guru tahfizh ada dua, yakni problematika internal dan problematika eksternal. Guru tahfizh dituntut mampu menyikapi kendala tersebut dengan tetap berdedikasi dengan penuh kasih sayang terhadap para santrinya. Kata Kunci: Guru Tahfidz dan MENGHAFAL QUR'AN

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2020 02:35
Last Modified: 22 Aug 2020 02:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10002

Actions (login required)

View Item View Item